Siapa yang disebut sebagai Asoka?

By Labels: at

asoka kerajaan Mauriya adalah kerajaan pertama yang menjadi pemerintahan tunggal dengan wilayah meliputi hampir seluruh India. Para penguasa Mauriya memerintah dari sekitar tahun 324 sampai dengan tahun 185 SM. Kerajaan mereka dibangun di sekita Magadha, kerajaan kaya dilembah gangga.

Kerajaan ini diperintah oleh Chandragupta maurya dari sekitar tahun 324 sampai 298 SM. cucunya, Asoka, adalah kaisar paling hebat di India kuno. dia menjalankan pemerintahan dengan serius, melakukan reformasi pajak, mendorong perdagangan, pertanian dan membangun tembok kota dengan rumah-rumah yang menyenangkan di jalan-jalan yang diratakan. para perwiranya berkelana ke seluruh negeri, membangun jalan dan mengumpulkan pajak dari petani penggarap di desa-desa.

Asoka lahir sebagai pemeluk agama hindu, tetapi dia kemudian menjadi penganut agama Budha. dia kemudian menghentikan perang, muak dengan pembantaian yang dilihatnya ketika menaklukkan Orissa di sebelah tenggara. Asoka membuat undang-undang baru dan menuliskannya di tiang batu yang didirikan di seluruh kerajaannya.

catatan fakta:

patung singa batu di tiang di sarnath menjadi simbol nasional untuk India

ashoka_4_lions.310171851_std

dekrit asoka

Back to Top