Dimana Letak Sumer?

By Labels: at

Mesopotamian berarti “diantara sungai” terletak di Negara yang kita kenal sebagai Irak modern. Cuaca di Mesopotamia sebelah utara sejuk, dengan curah hujan yang cukup menumbuhkan tanaman pangan di beberapa daerah. Di sebelah selatan terletak lembah datar, berawa-rawa yang tersusun oleh lumpur yang disebarkan oleh air banjir dari sungai. Wilayah ini disebut sumer. Curah hujannya sedikit dan musim panasnya panjang. Temperaturnya tinggi. Manusia telah tinggal di summer sejak sekitar tahun 5000 SM. Mereka mencari ikan di sungai, berburu babi hutan dan burung untuk makanan, dan memanen buah dari pohon kurma. Tanah yang berlumpur subur, tetapi tanaman pangan mati tanpa hujan di the terik musim panas yang memabkar sehingga petani menggali terusan untuk mengalirkan air sungan ke lading barley, gandum, kurma dan sayuran. Mereka menggarap tanah menggunakan bajak yang ditarik oleh sapi.

Para perajin logam yang terampil di sumer membuat perhiasan kecil yang indah dari perak dan emas. Perhiasan ini dihiasi dengan batu permata, seperti lapislazuli (batu tembus pandang berwarna biru cerah)

Catatan fakta:

Beberapa huruf berbentuk seperti kapak (cuneiform) dalam system tulisan sumeria terlihat seperti benda, yang lain adalah simbol

Back to Top