Cara Menggunakan Aplikasi Asesmen Pendidikan Bagian 1

By Labels: at

Terlepas dari pro dan kontra tentang aplikasi asesmen yang dipakai di lingkungan dinas kabupaten malang ini, saya terus berusaha mencoba agar aplikasi ini bisa digunakan dengan lancar pada saat pelaksanaan ujian kelas 9 nanti. Kalau boleh jujur, sebenarnya saya lebih suka aplikasi tahun lalu yang full offline, namun sekaran menjadi semi online.

apalah dikata, karena sudah menjadi kesepakatan bersama maka mau tak mau harus dipelajari dan dipaka saat ujian nanti.

Langkah-langh menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut 

1. Masuk terlebih dahulu ke alamat ini " https://asesmen.mkkskabmalang.com

Tampilan halaman login









2. Masukkan password yang diberikan oleh helpdesk, setelah itu akan masuk kedalam dasboard operator sekolah.

Halaman admin sekolah
Menu Home ini fungsinya adalah untuk melihat data nilai siswa secara umum. data siswa yang mengikuti ujian dan jumlah kelas. jadi menu ini fungsinya hanya bersifat informatif tentang gambaran umum pelaksanaan ujian.




3. PIlih menu Setting Sekolah

Halaman Setting Sekolah

Menu ini berfungsi untuk memperbaiki identitas sekolah, jika ada yang tidak sesuai dengan profil sekolah, maka bisa diganti melalui menu ini.










4. Menu Upload, Import Data siswa
Menu Upload Peserta Ujian
Sebelum pelaksanaan asesmen, hal penting yang harus diperhatikan adalah peserta asesmen. peserta asesmen terdiri dari kelas 7 8 dan 9.
namun dalam pelaksanaan kali ini yang diperlukan hanya kelas 9 meki bisa dipakai untuk kelas 7 dan 8.
Menu ini berfungsi untuk mengunggah data siswa ke server. data siswa diunggah menggunakan template excel yang sudah disediakan dalam menu ini. satu hal yang perlu diperhatikan saat upload data siswa, yaitu cara penulisan nama, kelas dll disesuaikan dengan template yang telah di unduh. jadi harus sesuai dengan contoh template excelnya.

5. setelah data siswa di upload, maka data peserta didik yang berhasil diunggah dapat dilihat pada menu data peserta didik.
Menu Data Peserta

Menu ini menampilkan identitas peserta ujian, seperti nama lengkap, kelas, username dan password. jadi jika ada peserta didik yang lupa username dan password bisa dilihat pada halaman ini.






6. Menu Jadwal Asesmen.
Halaman Jadwal Asesmen
Pada halaman ini bisa dilihat jadwal mata ujian yang akan dilaksanakan dan berapa lama ujian akan dilaksanakan. 











7. Menu Download.
Asesmen dilaksanakan secara semi online, dimana server akan berstatus online dan untuk peserta ujian melaksanakan asesmen dengan offline. oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi asesmen agar bisa dipakai di perangkat peserta didik.   Aplikasi ini berbasis android dan bisa diunduh di menu download.
Sedang server, aplikasi yang dipakai adalah XAMPP dan sebuah bahasa pemrograman PHP yang sudah diinstal secara lokal dalam satu paket dengan xampp.
Jadi saat kita mengunduh aplikasi servernya, nanti akan berbentuk file yang sudah dikompres dengan winrar. setelah diekstrak, ada 2 File yaitu web server xampp dan Website lokal.

Bagi yang sudah pernah mengenal aplikasi ini, sebenarnya biasa saja. malah banyak kekuarangannya. karena kita sebagai admin di sekolah atau proktor tidak sepenuhnya diberi hak akses untuk mengelola asesmen. Hak akses yang penting justru tidak kami terima seperti edit data siswa, pengaturan sesi, bahkan nilaipun kami tidak bisa melihatnya. padahal nilai itu penting bagi sekolah. karena setelah sesaat asesmen berakhir, kami harus tahu nilainya dan segera mengolahnya. dan masih banyak lagi kekurangannya. Ada kekurangan tentu ada kelebihan, kelebihannya hanya beberapa saja yang saya temui, meliputi tampilan asesmen diperangkat siswa sudah bagus, siswa tidak bisa menghidupkan paket data.

Back to Top