Sejarah perkembangan komputer setelah tahun 1940

By Labels: at
PERKEMBANGAN KOMPUTER
GENERASI PERTAMA (1940 – 1959)
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya masih sangat lambat. Menggunakan tabung vakum untuk memroses dan menyimpan data. Membutuhkan ribuan tabung vakum. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik, ukuran yang besar seperti mainframe
Contoh : ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) yang dibuat pada tahun 1946


GENERASI KE DUA (1959 – 1964)
    Komputer generasi ke dua menggunakan transistor dan dioda menggantikan tabung vakum. Diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan cara penyimpanan magnetik. Lebih cepat dari generasi pertama. Menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperto FOLTRAN & COBOL. Kedua bahasa tersebut menggantikan bahasa mesin.  Digunakan untuk proses data dibidang perniagaan, universitas dan militer.
Contoh :
-    DEC PDP-8
-    IBM 700
-    IBM 7094

KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964 – 1980)
    Komputer generasi ke tiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar. Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan dengan genarasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga menjadi hemat ruang. Sudah menggunakan komponen IC (integrated circuit) atau disebut dengan chip
Contoh :
-    Komputer Apple
-    Komputer IBM
-    Komputer NEC

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1980 – Sekarang)
    Komputer generasi ke empat masih menggunakan IC/Chip untuk pengolahan data dan penyimpanan. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Kapasitas atau isi media penyimpanan lebih besar dibanding dengan generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut dengan komputer mikro.
Contoh :
-    PC (Personal Computer)
-    Laptop
-    HP

Beberapa teknologi IC komputer ini pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, DualCore, Core to Duo, dan sebagainya.
Bahasa45 pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasi ke empat ini.
Back to Top